Info: Tentang Hot Dip Galvanized

Hot Dip Galvanizing
Proses pelapisan galvanizing dapat ditemukan hampir di setiap aplikasi dan industri penting dimana bahan besi atau baja digunakan.  Beberapa yang dapat kita sebutkan, misalnya pada industri peralatan listrik dan air, pemrosesan kimia, dan transportasi, pada awal kegunaan galvanizing yang utama adalah untuk mengontrol karat pada besi atau baja.  Yang mana sampai saat ini tetap terus digunakan.  Lebih dari 150 tahun, Hot Dip Galvanizing telah terbukti secara komersial sebagai metode perlindungan besi atau baja terhadap karat dalam banyak aplikasi di seluruh dunia. Hot Dip Galvanizing ini telah digunakan pada produk Pagar BRC Utama Pagar

Karakteristik Lapisan Hot Dip Galvanizing:

  1. Menutup dan melapisi dengan baik
    Hot Dip Galvanizing menjamin ketebalan lapisan yang sama pada semua permukaan yang terlapisi termasuk tepi, sudut, galur, serta bagian dalam pipa dan tempat-tempat yang sulit dijangkau. Ketebalan lapisan yang sama ini menghilangkan segala macam bagian yang sulit dijangkau dan menjadi pelindung yang sempurna terhadap karat pada bagian tersebut.
  2. Perlindungan Barrier dan Katoda
    Perlindungan Barrier benar-benar melindungi permukaan baja dari lingkungan luar seperti dari udara, laut, dan kelembaban yang tinggi. Barrier tersebut dapat melindungi lebih dari 10 tahun, tergantung dari lingkungannya. Perlindungan Katoda membuat elemen seperti seng (Zn) sebagai area anoda pada baja. Sebagai anoda, seng (Zn) akan berkorosi terlebih dahulu, membuat katoda (besi atau baja) tetap bertahan.
  3. Anti Goresan
    Tidak seperti cat, yang mana mudah tergores, lapisan zinc iron alloy yang terbentuk dalam lapisan galvanis mempunyai kekerasan yang sama atau melebihi tingkat kekerasan baja structural. Hal ini menjadikan hamper semua jenis baja yang terlapisi galvanis menjadi aplikasi yang sempurna. Khususnya barang-barang yang sering kali tergores, seperti pagar dan pintu.

 

 

PRINSIP GALVANIZING
Hot Dip Galvanizing harus melalui proses-proses tersebut dibawah ini:

  • Degreasing
    Untuk menghilangkan minyak atau material organik
  • Water Rinsing
    Untuk menghilangkan cairan kimia dari degreasing
  • Acid Pickling
    Untuk menghilangkan karat dan kerak baja
  • Prefluxing
    Untuk menghindari oksidasi permukaan sebelum pencelupan
  • Oven
    Pengeringan permukaan sebelum dimasukkan ke dalam bak seng (Zn)
  • Galvanizing
    Pencelupan kedalam cairan seng (Zn) panas pada temperature 445ºC – 455ºC
  • Quenching
    Pendinginan sebagai proses akhir pada permukaan seng (Zn)